Medali Emas di Lomba Daya Ingat Tingkat Asia 2019

Dalam wawancara singkat via WA Janet mengatakan. “Saya mendapatkan salah satu Gold Memory Tingkat Asia dan saya juga dapat medali untuk 2nd Best New Player in Asia buat Junior, dalam kategori mengingat wajah dan nama, dan hasil waktu lomba saya mengingat 112 nama dan wajah. Saya mewakili 4 orang  dari Indonesia yang menyumbangkan medali  emas utk Indonesia”, “Kedepannya saya akan lebih baik lagi sehingga dapat meraih title Grandmaster dan memecahkan rekor dunia”, tambah Janet Valencia yang beberapa kali ikut ajang Tingkat Asia.

Kejuaraan yang mengadu kecepatan dan ketepatan dalam mengingat berbagai informasi ini mempertandingkan 10 nomor yang mencakup tantangan mengingat ribuan angka, wajah dan nama, gambar, dan kartu. Sebanyak 114 atlet dari berbagai negara seperti Cina, Jepang, Korea, Mongolia, Filipina, Perancis dan Polandia, hadir ke Bali untuk memperebutkan puluhan medali di tiga kelompok umur, anak-anak, junior dan dewasa serta Gelar Grandmaster Memory.

Bali, 5-6 Oktober 2019, di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Bali. Satu lagi ajang bergengsi direbut atlet Perwakilan dari SMA RP Bogor, Janet Valencia kelas XII MIPA meraih Medali Emas dalam Lomba Daya Ingat Tingkat Asia yang  diadakan  oleh Indonesia Memory Sport Council (IMSC) dan Global Alliance of Memory Athletics.

Lomba ini bagian dari olahraga, yaitu daya ingat, dimana atlet harus menghafal banyak hal seperti angka, gambar, kata, dan kartu.  Ada 10 kategori/disiplin yg dilombakan utk Asia Open Memory Championship pekan lalu (Names and Faces, Binary Numbers, Random Numbers, Speed Numbers, Random Images, Random Cards, Historical Fiction Dates, Random Cards, Speed Cards, Spoken Numbers). Untuk setiap disiplin diberi waktu  setiap kategori seperti Ada yg 30 menit, 15 menit dan paling cepat 5 menit.

Kejuaraan resmi  ini dibuka oleh Deputi 4 Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr. ER Yuni Poerwanti didampingi oleh Pejabat Kesekjenan Kementerian Pendidikan Nasional RI serta Pemprov Bali.  Menurut Ibu Yuni , memory sports ini sejalan dengan program Pemerintah dalam mendorong pengembangan sumber daya manusia Indonesia dan peningkatan prestasi. “Olahraga otak seperti ini perlu dimasifkan bersama-sama dengan dunia pendidikan.”

Gubernur Provinsi Bali dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Gubernur Bidang Kesra Ni Luh Made Wiratmi menyambut baik inisiatif IMSC menyelenggarakan acara ini di Bali, dan semoga mendatang dapat diadakan lagi.  (Yongky)

Leave a Reply

Your email address will not be published.