Mengembalikan KIR SMA Regina Pacis Bogor Ke Orbitnya

Pada pekan lalu, Tjandra Wibowo ’85 dan Adhi S. Soembagijo ’83 diundang oleh Ketua Yayasan FMM dan Kepala Sekolah SMARP untuk menyumbangkan pikiran guna menghidupkan kembali prestasi KIR SMARP, 8 April 2019. Hal ini dipicu oleh adanya 3 siswa yang atas inisiatif dan upayanya sendiri berhasil melakukan penelitian dan terundang utk memaparkannya di sebuah Science Fair di Korea pada Juni mendatang.

Tantangan ini kami tanggapi serius dengan (dalam 3 hari) mengajukan usulan ROADMAP jangka pendek untuk mengembalikan orbit prestasi KIR SMARP di level nasional. Menurut kami, kegiatan KIR harus merupakan pelengkap kurikulum normatif di dalam kelas dan harus dijalankan secara inklusif, terarah dan sinambung. Idealnya KIR harus memiliki program internal yang membekali lulusan dgn kepercayaan diri utk berpikir kritis, konstruktif dan bersudut pandang unik.

Pertama-tama kami usulkan utk lakukan strukturisasi organisasi KIR SMARP. Dlm hitungan hari, dibantu arahan kami, reorganisasi segera dilakukan oleh SMARP melalui SK Kepsek. Termasuk mengangkat Badan Pembina, Badan Pengawas dgn 4 guru pembimbing, dan Badan Pengarah. Saya didudukkan sebagai Badan Pengarah. Usulan kami berikutnya adalah segera menyiapkan siswa-siswi dan topik-topik penelitian IPA/IPS untuk diikutsertakan pada perkemahan dan lomba-lomba karya ilmiah tingkat nasional TAHUN INI JUGA. Untuk memberi inspirasi kepada para siswa dan guru pembimbing, saya mengontak rekan-rekan alumni yg kira-kira antusias dan kesehariannya dekat dgn masalah-masalah aktual yang dapat menginspirasi siswa-siswi level SMA.

Maka dalam sepekan terakhir, kami berhasil merencanakan acara hearing alumni di hadapan para siswa yg akan diadakan pada Minggu, 14 April 2019 yad di SMARP (poster terlampir), guna mengejar deadline lomba-lomba nasional yg pendaftaran/abstract submission-nya semua jatuh pada bulan April ini. Keterbatasan membuat kami hanya bisa dapatkan partisipasi 7 orang alumni.

MELALUI UNGGAHAN INI, KAMI BERMAKSUD MENGUNDANG GAGASAN DAN SARAN REKAN-REKAN ALUMNI BERBAGAI ANGKATAN yang tertarik dengan langkah-langkah penyegaran KIR SMARP ini.

Masih banyak kesempatan yang bisa dirancang utk menyalurkan buah pikiran kita sebagai alumni.
Ide dan gagasan boleh dikirim ke adhi@doctor.com.

Sumber: Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.