Pendidikan Karakter

Dalam program pendidikan karakter di lembaga pendidikan FMM, akan ditumbuhkembangkan nilai-nilai yang akan dijelaskan, dipahami, dilatih, dan dipraktekkan dalam hidup sehari-hari. Lembaga pendidikan FMM telah memilih dan menentukan nilai-nilai yang mendapatkan prioritas untuk dikembangkan dalam pendidikan. Nilai-nilai yang diprioritaskan untuk diperjuangkan dan dihayati dalam hidup itu disebut nilai-nilai utama (Core Values).

Prioritas nilai ini merupakan fokus pendidikan karakter. Nilai ini perlu ditanamkan dalam setiap peserta didik yang akan menjadi habitus (kebiasaan) baik dalam setiap tindakan dan perilaku peserta didik baik di sekolah, rumah dan lingkungan masyarakat.

Nilai-nilai utama yang menjadi prioritas pendidikan karakter yang ditanamkan di SMP Regina Pacis yaitu:

  • Compassion
  • Humility
  • Integrity
  • Peace
  • Servant-leadership

Nilai turunan yang terdapat dalam lima nilai utama (Core Values) dapat dikembangkan secara lebih khusus sehingga dapat menjadi nilai konkret yang akan dituliskan dalam “Niat Suci”. Nilai turunan tersebut antara lain adalah

a. Belas kasih (empati, murah hati, kasih)

b. Kerendahan hati (hormat, syukur, kesederhanaan, ketulusan, ugahari, kesiapsediaan)

c. Integritas (kejujuran, konsisten, dapat dipercaya)

d. Damai (keadilan, keutuhan ciptaan, toleransi, pengampunan)

e. Kepemimpinan (iman, pelayanan, keberanian, ketekunan, tanggung jawab, pemberian diri)

Pendidikan nilai/karakter merupakan hal yang sangat penting dalam membangun habitus bagi peserta didik. Oleh karena itu, peserta didik diajak untuk menuliskan satu “Niat Suci” dan melakukannya secara konkrit baik di lingkungan sekolah, kelurga dan masyarakat.

Niat suci yang dituliskan dan dilakukan berasal dari nilai utama (Core Values) yang menjadi prioritas pendidikan karakter lembaga pendidikan FMM. Sebagai sarana evaluasi, wali kelas dan orang tua akan melihat dan memberikan tanggapan berkaitan dengan “Niat Suci” yang dibuat dan dilaksanakan oleh peserta didik setiap minggunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.