Perayaan HUT RI Ke-74

Di ulang tahun Indonesia yang ke-74 ini, SD Regina Pacis kembali mengadakan lomba-lomba 17-an lagi lho! Lomba 17-an ini dilaksanakan pada Kamis, 16 Agustus 2019. Pastinya seru sekali! Lomba-lomba setiap kelas berbeda-beda.

Untuk kelas 1, lombanya adalah mengoper bola ke teman lewat atas kepala. Pemenang ditentukan oleh kecepatan mengoper bola. Lucu dan gemesin melihat daya juang siswa kelas 1. Semua berusaha untuk meraih kemenangan dengan sportif.

Kelas 2 memeriahkan dengan lomba estafet karet dengan memakai sedotan. Lomba ini kelihatannya mudah, namun ternyata sulit lho. Setiap peserta dituntut untuk sabar dan fokus. Bila teledor sedikit, karet akan jatuh. Dan bila jatuh, maka peserta tersebut kalah.

Lomba kelas 3 lombanya tidak kalah seru. Mereka berlomba menyentil jeruk. Lalu, kelas 4 lomba estafet air. Lucu dan seru sekali karena peserta lomba harus basah-basahan. Kelas 5 lombanya mirip dengan kelas 2 tetapi memakai sumpit. Dan, kelas 6 lomba estafet baju. Kalian sudah tahu kan memainkan lomba ini? Setiap tim harus susun strategi yang efektif dan kompak supaya bisa cepat menang.

Selesai lomba, para siswa melakukan kegiatan di kelas masing-masing. Sesuai dangan tema sekolah, yaitu Clean and Green, semua bersama-sama membersihkan kelasmasing-masing. Alat-alat kebersihan sudah disiapkan masing-masing dari rumah. Ada yang membawa kain lap, kemoceng dan alat kebersihan lain. Setiap siswa harus menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan mengurangi sampah plastik.

Caranya, setiap siswa membawa tempat bekal sendiri, botol minum sendiri. Lalu, membawa sapu tangan agar tidak perlu boros tisu, membuang sampah pada tempatnya. Sekolah Regina Pacis Bogor sudah menerapkan program Go Green. Tidak hanya sekedar slogan, tapi sudah dipraktekkan dalam diri setiap siswa.

Saat lomba juga, siswa tidak hanya mengikuti lomba untuk menang. Namun juga harus menanamkan sikap kerjasama, kebersamaan, kekompakan, kerukunan, tidak egois, dan solidaritas. Sehingga walaupun tidak menang, kekompakkan dan saling mengasihi satu dengan yang lain tetap terjalin baik. Para siswa Regina Pacis harus menghayati perilaku “CHIPS” yaitu Compassion, Humility, Integrity, Peace, Servent Leadership.

Selamat Merayakan Ulang Tahun Indonesia yang ke-74. Jadilah Recisian yang sayang pada bumi. Kurangi sampah-sampah plastik dan buang sampah pada tempatnya. Semoga bumi Indonesia tetap subur, maju dan sejahtera. SALAM MERDEKA! (Oleh Fhea)

Recisian*: sapaan untuk para siswa Regina Pacis Bogor.

Sumber: Newsletter Edisi 06, September 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published.