Usaha Sekolah dalam Mengupayakan Lingkungan Bersih dan Sehat Berkaitan dengan Antisipasi Penyebaran Infeksi Covid-19 (Update)

Sebagai lanjutan dari Instruksi Kepala Dinas Pendidikan dan Walikota Kota Bogor mengenai kegiatan belajar di rumah berkaitan dengan antisisipasi perkembangan infeksi COVID-19, sejak tanggal 16/3/2020 hingga tanggal 30/3/2020 (dengan kemungkinan dapat berubah menyesuaikan situasi), maka Sekolah juga terus bekerja secara proaktif untuk memastikan sekolah akan siap dipergunakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Kegiatan ini dilaksanakan di tengah situasi Sekolah yang kosong dengan tujuan menghilangkan potensi-potensi penularan infeksi Covid-19. Diawali dengan general checking di seluruh kompleks Sekolah baik di dalam maupun di halaman luar. Pembersihan dilakukan di kelas-kelas, toilet, sudut-sudut Sekolah termasuk taman.

Berikutnya adalah pelaksanaan penyemprotan misting dan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan misting dilaksanakan keesokan harinya, Sabtu 21/3/2020. Penyemprotan misting merupakan salah satu metode pembasmian hama terbang khususnya nyamuk. Hal ini penting mengingat Kota Bogor termasuk daerah endemis, daerah yang selalu diserang DBD (Demam Berdarah Dengue). Penyemprotan ini selalu rutin dilakukan oleh Sekolah minimal satu bulan sekali.

Penyemprotan disinfektan direncanakan dilakukan Jumat 27/03/20. Untuk keperluan ini, pihak Sekolah sudah meminta bantuan Dinas Kesehatan Kota Bogor sesuai anjuran. Kegiatan ini akan diulang secara rutin sesuai kebutuhan dan menjelang Peserta Didik masuk kembali ke sekolah untuk kegiatan KBM.

Sekolah juga memastikan peralatan dan bahan-bahan disinfektan tersedia untuk digunakan sewaktu-waktu saat KBM seperti disinfektan ABA-P. Disinfektan merupakan bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan dan membunuh kuman dan mensterilkan benda-benda dari pertumbuhan kuman dan bakteri. Untuk antiseptik akan digunakan dalam bahan pembersih (cuci tangan). Antiseptik merupakan bahan kimia yang aman bagi kulit dalam menghentikan atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme. Antiseptik ini nantinya akan diletakkan di tempat strategis seperti tangga sebelum naik kelas dan area kantin/kafetaria.

Demikian kegiatan dari Sekolah dalam lingkungan bersih dan sehat berkaitan dengan antisipasi penyebaran infeksi Covid-19 dan DBD. Marilah kita terus bersatu dalam doa dan harapan untuk segala yang baik. (yyn/ka)

Tambahan 30/03/2020 :

Sebagai bagian dari lanjutan kegiatan mengantisipasi pencegahan penularan infeksi virus Covid-19, Sekolah juga melakukan penyemprotan disinfektan. Disinfektan merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus dan bakteri) pada obyek permukaan benda mati.

Kegiatan ini dilakukan pada hari Jumat, 27 Maret 2020 disaat Sekolah masih kosong karena kegiatan Belajar di Rumah. Area dalam penyemprotan ini meliputi area unit TK, SD, SMP hingga SMA. Baik di kelas-kelas, laboratorium, perpustakaan serta lorong-lorong sekolah. Penyemprotan ini dilakukan sendiri oleh pihak jasa profesional sehingga dipastikan aman dan sesuai prosedur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.