Manfaatkan Teknologi Informatika dan Media Sosial, SMP Regina Pacis Maksimalkan PJJ di Masa Pandemi Covid-19

Masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang kini harus dilaksanakan hampir di seluruh sekolah, khususnya di Kota Bogor tidak terlalu menjadi permasalahan yang sangat besar untuk SMP Regina Pacis yang berdomisili di Jl. Ir. H. Juanda No.2 Kec. Bogor Tengah Kota Bogor. Pasalnya seperti dijelaskan oleh Agnes Atik Susilawati S.Pd yang menjabat sebagai Kepala SMP Regina Pacis saat ditemui tim Jurnalaksara.com di sekolah, Rabu (13/08/2020).

Menurut pemaparannya SMP Regina Pacis memang sudah melaksanakan program pelatihan pembelajaran secara online sebelum adanya wabah Virus Covid-19 merebak di Indonesia, terutama pelatihan dan program tersebut sudah diterapkan bagi guru – guru di sekolahnya untuk mempermudah dan meningkatkan kwalitas belajar siswa.

“Sebenarnya kami di sekolah sudah melakukan sistem pembelajaran secara online itu sebelum adanya pandemi Covid-19 ini. Terutama untuk para guru, walaupun memang baru lima kelas yang kami laksanakan di awal tahun 2019 dan dilaksanakan secara tatap muka. Namun semua pembelajaran dilakukan secara online, membuat video online, mengisi soal online dan penilaian pun secara online. Jadi saat pemerintah menginstrusikan untuk melaksanakan pembelajaran secara online atau belajar jarak jauh, kami tidak perlu waktu terlalu banyak untuk adaptasi,” ungkap Agnes.

“Bedanya kalau kemarin masih hanya sebagian dan masih tatap muka, sekarang ya seluruh siswa melaksanakan proses belajar secara online dan para guru seluruhnya harus mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka ketahui,” tambahnya.

Saat ditinjau oleh tim Jurnalaksara.com di sekolah, proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan seluruh siswa dengan jadwal yang memang sudah dibagikan.

“Setiap hari sekolah menjadwalkan tiga mata pelajaran yang harus diikuti oleh siswa sesuai jadwal yang sudah kami bagikan baik kepada orangtua langsung atau siswa dapat mengakses jadwal yang sudah kami bagikan melalui beberapa aplikasi media sosial seperti instagram. Lalu kami melakukan proses belajar mengajar serta diskusi dengan seluruh siswa dengan memanfaatkan aplikasi Telegram. Dan kami terkadang memberikan video tutorial atau materi pelajaran melalui aplikasi youtube dan whatsapp,” ungkap Leonardo Gilang, S.Pd yang menjabat sebagai guru mata pelajaran Agama.

“Seluruh siswa dapat mengikuti seluruh jadwal mata pelajaran dengan baik. Tidak lupa kami juga memberikan waktu istirahat disela-sela jadwal yang padat agar siswa tetap rileks dan selalu kami ingatkan untuk menjaga stamina dan kesehatan mereka. Sebenarnya semua sistem ini hampir sama persis seperti belajar tatap muka di kelas pada umumnya, hanya ini dilakukan dengan jarak jauh. Nah sebagai pertanggung jawaban kami seluruh kegiatan kami laporkan pula pada orang tua siswa masing- masing,” pungkasnya. (ark)

Sumber: jurnalaksara.com

2 thoughts on “Manfaatkan Teknologi Informatika dan Media Sosial, SMP Regina Pacis Maksimalkan PJJ di Masa Pandemi Covid-19

    • webadmin says:

      Halo Bapak/Ibu Otto Apollo Silitonga,
      pendaftaran siswa baru Sekolah Regina Pacis Bogor bisa diakses di https://ppdb.reginapacis.sch.id. Utk perkiraan pembukaan PPDB SMP Tahun Pelajaran 2021/2022 merujuk di tahun sebelumnya, biasanya dilakukan di akhir November / awal Desember. Mohon dipantau website PPDB kami diatas. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *