Seminar Kesehatan Menangkal Virus Corona di Sekolah Regina Pacis Bogor

Para peserta didik SMA beserta guru, staf sekolah Regina Pacis Bogor dan umum mengikuti seminar yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Mulia Pajajaran pada tanggal 28 Februari 2020 di Aula SMA. Seminar tersebut mengambil tema Kesehatan dan Cara Menangkal Virus Corona.

Pemateri sekaligus Alumni SMA Regina Pacis Bogor adalah dr. Kevin Irawan, Sp.PD dan dr. Winy Katarina, Sp.PD yang memaparkan seluk beluk virus Corona dalam Seminar ini.

Seminar tersebut dimulai dengan kata sambutan Suster Christina Sri Murni, FMM selaku Kepala Yayasan Regina Pacis Bogor. “Kesehatan itu adalah sesuatu yang mahal harganya dan harus dijaga, karena apabila kita sakit atau terpapar suatu virus, tentu budget, atau harga yang harus kita keluarkan tidak murah. Karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan diri kita dan kebersihan lingkungan sekitar kita.” demikian salah satu isi sambutan beliau dalam acara Seminar ini.

Beliau juga menyampaikan pesan kepada seluruh elemen sekolah untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat dan tentu tidak ada orang yang mau sakit.

Setelah sambutan dari suster Christina, acara dilanjutkan dengan pembicara dr.Winy, ia menyampaikan latar belakang berdirinya Rumah Sakit Mulia Pajajaran yang terletak di Kota Bogor. Serta fasilitas yang ada di Rumah Sakit Mulia Pajajaran berupa rawat inap dan poliklinik/rawat jalan.

Acara selanjutnya adalah penjelasan apakah itu virus corona sebagai pembicara dr. Kevin Irawan. Ada beberapa poin penting yang dapat diambil pada acara seminar tersebut, yaitu pada sesi tanya jawab pertanyaan yang muncul dari orang tua murid adalah, pertanyaan mengenai apakah virus corona sama seperti virus influenza yang sampai sekarang belum ada vaksinnya?

Dijelaskan oleh dr. Kevin Irawan, “Ya hampir sama, cuma sampai sekarang virus corona belum ada vaksinnya. Karena kalo vaksin hanya mampu menangkal tapi tidak 100% virusnya mati. Jadi bisa dibilang hampir sama dengan virus influenza yang belum ada vaksinnya. Hanya saja gejala dan jenis penyebaan virus dan penyakitnya berbeda.” dr. Kevin Irawan menambahkan,”Vaksin influenza diberikan satu tahun sekali.”

Lalu ada beberapa pertanyaan yang berhadiah suvenir, diantaranya pertanyaan yang diberikan moderator bahwa Corona Virus adalah virus yang harus dihindari dengan beberapa penanganan langkah pertama dengan menjaga jarak.

Selain seminar ada juga pemeriksaan darah yang sebagian besar diikuti oleh para guru dan karyawan sekolah Regina Pacis Bogor.

Dengan digelarnya seminar kesehatan, para guru, karyawan, staf dan peserta didik Sekolah Regina Pacis Bogor menjadi semakin tahu dan bertambah wawasan terhadap virus corona. Selain itu, betapa pentingnya bagi kita semua untuk senantiasa menjga kesehatan. (ark)

Leave a Reply

Your email address will not be published.