Pelatihan Warior 1.0

Pada hari Senin, 21 September 2019, majalah CIA kembali mengadakan Pelatihan Warior 1.0. Beberapa teman-teman dari SD Regina Pacis mengikuti pelatihan Warior di McDonald’s Kemang, Jakarta Selatan. Apa sih Warior itu? Warior adalah singkatan dari wartawan junior, kumpulan siswa dari berbagai sekolah yang mau belajar menjadi wartawan cilik.

Pada kegiatan kami dilatih menjadi wartawan yang baik dalam melakukan wawancara dan menulis berita. Selain itu, kami ditantang untuk bertemu dan bertanya langsung dengan banyak orang. Menariknya, Warior tidak hanya SD Regina Pacis. Kami berkenalan dengan Warior dari sekolah lain. Ada dari sekolah SD Mardi Yuana Bogor, SD Jaya Plus Montesori Tangerang, dan John Paul’s School Bekasi. Sebuah pengalaman yang istimewa. Selain berkenalan dengan teman-teman baru, di kegiatan Warior ini kami berkenalan dengan Kak Rosty dan Kak Yuni dari Majalah CIA. Keduanya menjadi pendamping dan pengarah Warior selama kegiatan ini.

Kegiatannya seru dan asyik! Semua Warior bisa bermain dan belajar bersama. Pengalaman yang berkesaan saat tim Liputan Recis mewawancarai salah satu manager McDonald’s Kemang.Masih muda dan ramah. Ia menjawab setiap pertanyaan para Warior yang mewawancarainya. Karena posisinya sebagai manager, para Warior berebutan untuk bertanya. Dan, ia melayani semua Warior dengan senyum dan sabar. Hebat kan?

Untuk menjadi Warior CIA itu tidaklah gampang! Kita harus belajar lebih mendalam lagi tentang jurnalistik. Semangat Warior CIA diistilahkan seperti like a dog. Seorang Warior harus pandai mencium segala bentuk informasi. Juga, like an eagle yang tajam menangkap informasi, dan like a lion yang percaya diri dan berani untuk menginformasikan dengan jujur. Sebagai Warior CIA kita pun tidak boleh menyebar berita bohong atau hoax. Karena diri kita akan tidak diakui bila menyebar hal- hal yang tidak benar. Menjadi Warior CIA betul-betul jujur, berani dan sigap.

Tentu saja wartawan junior CIA memiliki kemampuan menulis yang baik dan berkarakter. Setiap tulisan Warior akan terlihat karakter CIA di dalamnya. Karena nilai-nilai CIA yang diwartakan di dalam setiap informasi dari Warior. Semangat ya, teman-teman Warior. (Oleh Fhea, Angel.R, Voni, Nathalie)

Sumber: Newsletter Edisi 07, Desember 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published.