Regina Pacis Mengunjungi Kementerian PPPA

Tim Liputan Regina Pacis akhirnya bertemu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Ibu Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip. Apling MA, (biasa dipanggil – Mama Yo), Jumat, 16 Maret 2019. Meski dengan kondisi sakit, Ibu Menteri menerima peserta audiensi dengan ramah termasuk tim redaksi Liputan Regina Pacis yang didampingi Ibu Karyati dan Pak Andreas.

Kami diterima di ruangan rapat lantai 10 kantor Kementerian PPPA. Sebanyak 19 siswa dari 10 SD yang datang kali ini. Ada SDK BPK Penabur Sentul City, SDK BPK Penabur Kota Wisata, SD Islam Al-Azhar BSD, SD Tarakanita 1, Kebayoran Lama, SD Strada Wiyatasana, Pasar Minggu, SD Islam Al Fath, Cirendeu, SDN Kayu Putih 09, Pulo Mas, SDN Menteng 01, Jakarta Pusat dan SD Sang Timur, Tomang.

Sebelum beraudiensi dengan Ibu Menteri, kami berkenalan dengan ketiga Staf Khusus Menteri, yaitu Kak Benny, Kak Ferdinand dan Kak Albait. Dengan suasana canda dan ceria, mereka menyapa peserta satu per satu. Mereka juga menginformasikan beberapa Deputi yang ada di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Ada lima deputi, yaitu Deputi Kesetaraan Gender, Deputi Hak Perempuan, Deputi Perlindungan Anak, Deputi Tumbuh Kembang Anak, dan Deputi Partisipasi Masyarakat. Hari itu, kami berkesempatan mengunjungi dua Deputi, yakni Deputi Perlindungan Anak dan Deputi Kesetaraan Gender.

Di Deputi Perlindungan Anak, kami bertemu dengan Ibu Valent. Beliau memperkenalkan beberapa program khusus untuk anak-anak. Salah satunya tentang bagaimana memanfaatkan internet dengan baik. Kami juga dibagikan sebuah buku cerpen kecil yang isinya bertujuan untuk mengajarkan tips cerdas berinternet.

Berikutnya, kami bertemu dengan Ibu Ratna dari Deputi Kesetaraan Gender. Beliau juga memperkenalkan program-program di bagiannya, seperti program menjaga lingkungan. Beliau memperlihatkan proses bagaimana mendaur ulang barang bekas menjadi baru. Kami sangat senang dapat bertemu dengan Ibu Ratna dan Ibu Valent. Ini semua merupakan suatu pengalaman yang menarik. Setelah berkunjung ke kedua deputi tersebut, kami kembali ke ruangan lantai 10 untuk persiapan beraudiensi dengan Ibu Menteri. (Oleh Vanessa, Retno)

Sumber: Newsletter Edisi 02 Maret 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *